Rincian Besaran Kenaikan Tarif Pajak STNK dan SIM 2017 [Update]

Dalam beberapa waktu ini, kita diramaikan dengan pemberitaan akan kenaikan tarif pengurusan pajak STNK dan SIM. Bukan tanpa alasan kenapa masyarakat mendadak kaget dengan informasi ini. Ya salah satu alasannya ya karena rumor tarif yang dikeluarkan sebagai acuan penguruan pajak STNK dan SIM terlalu tinggi dibandingkan dengan tarif sebelumnya.

Sebenarnya apakah benar semua informasi tersebut?

Mari kita telusuri bersama kebenarannya. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari media online kompas.com, khususnya pada laman bisnis keuangan, telah dijelaskan beberapa informasi mengenai alasan kenaikan tarif Urus STNK dan SIM. Dalam informasi tersebut pula dijelaskan berbagai pandangan dari Koordinator Advokasi dan Investigasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Apung Widadi agar Pemerintah membatalkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60/2016 terkait rencana kenaikan tarif pengurusan surat-surat kendaraan bermotor.

Salah satu alasan mendasar menurut beliau adalah selain minim sosialisasi kepada masyarakat, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kendaraan bermotor pun hanya menghasilkan Rp 1,7 triliun. Selain itu pula, dikhawatirkan jika memang benar terjadi kenaikan tarif pngurusa STNK dan SIM yang sesuai PP yang jika diterbitkan Pemerintah, malah akan menambah kesusahan masyarakat.


Rincian Besaran Kenaikan Tarif Pajak STNK dan SIM [Update]


Rincian Besaran Kenaikan Tarif Pajak STNK dan SIM [Update]
Dalam kesempatan ini, saya membaca informasi dari Koran Suara Merdekan Edisi 6 Januari 2017 halaman pertama, ada informasi mengenai rencana besaran tarif pajak STNK dan SIM jika PP Nomor 60 Tahun 2016 jadi diterbitkan. Menurut keterangan di Koran Suara Merdeka Edisi 6 Januari 2017 ini, bahwa pajak kendaraan biayanya tetap (alias tidak naik), namun untuk biaya administrasinya saja yang mengalami kenaikan, yang kemungkinan akan berlaku per Januari 2017 ini.

Kira-kira apa aja yang naik njeh menurut PP tersebut? Berikut selengkapnya:

1. Biaya penerbitan STNK
- Roda 2 dan 3 : Baru Rp.100.000,- ; perpanjangan Rp.50-Rp.100 ribu
- Roda 4 atau lebih : Baru Rp.75.000,- Rp.200.000,- ; perpanjangan Rp.75.000,- Rp.200.000,-
2. Pengesahan STNK
- Roda 2 atau 3: Rp.25 ribu
- Roda 4 atau lebih : Rp.50 ribu
3. Penerbitan STCK
- Roda 2 atau 3 : Rp.25.ribu
- Roda 4 atau lebih : Rp.50 ribu
4. Penerbitan tanda nomor kendaraan (TNBK)
- Roda 2 atau 3 : Rp.60 ribu
- Roda 4 atau lebih : Rp.100 ribu
5. Penerbitan BPKB
- Roda 2 atau 3 : Rp.225 ribu; ganti kepemilikan : Rp.225 ribu
- Rod 4 atau lebih : baru Rp.375 ribu; ganti kepemilikan : Rp.375 ribu
6. Penerbitan surat mutasi kendaraan bermotor keluar daerah
- Roda 2 atau 3: Rp.75 ribu - Rp.150 ribu
- Roda 4 atau lebih: Rp.75 ribu - Rp.250 ribu

Sudah sangat jelas sekali bukan? 


Demikian sekilas informasi mengenai Rincian Besaran Kenaikan Tarif Pajak STNK dan SIM [Update]. Semoga bermanfaat, salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rincian Besaran Kenaikan Tarif Pajak STNK dan SIM 2017 [Update]"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan pesan Sobat di kolom komentar di bawah ini. Segala masukan dan info dari rekan-rekan akan sangat membantu proses silaturrohim kita.