Qubbat As-Sakhrah - Bangunan Muslim Tertua di Dunia

Qubbat As-Sakhrah - Bangunan Muslim Tertua di Dunia
Qubbat As-Sakhrah di Palestina


Banyak yang menyangka bahwa bangunan yang tambak di atas ini adalah Masjid Al Aqsa di Palestina. Namun faktanya tidaklah demikian. Bangunan di atas adalah Qubbat As-Sakhrah, bangunan muslim tertua di dunia.

Kebanyakan orang mungkin menganggap, ketika melihat bangunan di atas adalah bangunan Masjidil Aqsa. Walaupun masih berada di dalam kompleks tanah Haram Al Syarif, Dome of The Rock nama lain dari Qubbat As-Sakhrah, dan sebenarnya bukanlah bangunan sebuah Masjid.

Menurut sejarahnya, Qubbat As-Sakhrah adalah sebuah Kubah Batu tempat dimana baginda Rosululloh Nabi Muhammad SAW awal memulai proses sejarah dunia Islam, yang terjadi di bulan Rojab, tepatnya 27 Rojab yakni peristiwa Isra Miraj. Walaupun demikian, saat ini Qubbat As-Sakhrah juga sudah digunakan untuk sholat, laiknya sebuah Masjid.

Baca juga: Wisata Jeglongan Sewu Sragen. Belum Tahu?

Saksi Bisu Isro' Mi'roj dan Perang Salib


Jika ditelisik lebih jauh, di dalam bangunan Qubbat As-Sakhrah terdapat sebuah jejak telapak kaki yang diyakini sampai sekarang sebagai jejak kaki baginda Rosulillah Nabi Muhammad SAW sebelum melakukan perjalanan Isra Miraj.

Adapun bentuk Qubbat As-Sakhrah adalah segi delapan dengan arsitektur sangat memukau. Qubbat As-Sakhrah dibangun pada waktu zaman kekhalifahan Bani Umaiyyah. Bangunan ini juga diyakini menjadi struktur bangunan muslim tertua yang masih ada hingga saat ini.

Jika dilihat lebih dalam lagi, Qubbat As-Sakhrah di dalamnya terdapat batu terbang. Diceritakan pada zaman dahulu batu terbang tersebut ternyata ingin ikut Isro' Mi'roj Baginda Rosulillah Nabi Muhammad SAW ke langit, namun tidak diijinkan sehingga polanya masih menggantung hingga kini. Sebagai suatu pertanda, akhirnya pada bagian batu tersebut diberi tulisan berlafadzkan kalimat tauhid "Laillahaillallahu Muhammadurosulullloh".
Di sana juga terdapat sebuah lorong bawah tanah, tepatnya berada di bawah Qubbat As-Sakhrah tersebut dipercaya sebagai tempat baginda Rosululloh Muhammad SAW mengimami seluruh nabi dan rosul yang pernah hidup di muka bumi juga. Dan pada faktanya dari dulu hingga saat ini, pada area kompleks Aqsa juga menyimpan banyak history bersejarah bagi umat muslim di seluruh dunia serta menjadi tempat yang disucikan oleh tiga agama lainnya.
Banyak sekali para nabi dan sahabat nabi Muhammad SAW yang dipercaya pernah tinggal dan meninggal di sekitar Masjdil Aqsa, seperti Nabi Sulaiman dan sahabat nabi Salman Al Farisi. Bahkan sekaliber Imam Al-Ghozali yang juga seorang Imam yang sangat Agung dan dihormati banyak ilmuan Islam karena hasil pemikiran-pemikiranya dalam menyelesaikan bagian dari Kitabnya yang paling terkenal dari dulu hingga sekarang, yaitu Kitab Ihyaa Ulum Al Din ketika berada di Aqsa.

Masjidil Aqsa dan Qubbat As-Sakhrah yang berdiri kokoh sampai sekarang juga menjadi saksi bisu puluhan ribu umat muslim pernah dibantai saat terjadinya perang salib di Yerusalem. Pada zaman itu, para tentara salib juga menjadikan Qubbat As-Sakhrah, pada bagian ruang bawah tanahnya sebagai kandang kuda serta sebagai kapel.

Silakan tinggalkan pesan Sobat di kolom komentar di bawah ini. Segala masukan dan info dari rekan-rekan akan sangat membantu proses silaturrohim kita.
EmoticonEmoticon