Rusia Kerahkan Sukhoi Su-27 Untuk Cegat Pesawat Militer AS

Rusia Kerahkan Sukhoi Su-27 Untuk Cegat Pesawat Militer AS
Source image: defencyclopedia.com
Militer Rusia akhirnya telah mengeluarkan satu jet tempurnya untuk mencegat pesawat pengebom B-52 yang dimiliki AS (Amerika Serikat). 

Pesawat militer pengebom B-52 tersebut dikatakan telah mengudara di area dekat perbatasan Rusia, tepatnya di atas Laut Baltik.

Seperti telah diinformasikan oleh Reuters, pada hari ini, Rabu (7/6/2017), kedatangan pesawat pengebom B-52 milik Amerika Serikat tersebut, karena berada di dekat perbatasan negara Rusia, akhirnya membuat negara tersebut geram.

Insiden itu rupanya membangkitkan ingatan kita pada Perang Dingin. Saat Uni Soviet belum terpcah belah dan masih pada kondisi bersatu, pesawat B-52 memang dibuat dan dirancang untuk menyerang target vital Rusia di Kutub Utara. Pesawat B-52 milik Amerika Serikat ini merupakan pesawat pengebom jarak jauh yang pertama digunakan pada tahun 1950-an.
Seorang Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan, kemunculan pesawat militer AS di wilayah Eropa tidak akan membantu meredakan ketegangan antara negara Barat dan Rusia. Sedangkan mantan komandan Angkatan Udara Rusia menyebut aksi AS ini 'tidak sopan'.
Baca juga: Amerika Serikat Uji Coba Pencegat Rudal Balistik Antar Benua

Insiden Rusia Kerahkan Sukhoi Su-27 Untuk Cegat Pesawat Militer AS


Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya menyebut, sistem pertahanan udara Rusia telah mendeteksi keberadaan dan kedatangan pesawat pengebom B-52 milik AS tersebut pada hari Selasa (6/6/) pukul 10.00 waktu Moskow. Selain daripada itu, pesawat pengebom AS ini terdeteksi telah melintas di atas perairan netral yang ternyata juga sejajar dengan perbatasan Rusia. Oleh karrena itulah, Rusia sesegara mungkin mengerahkan satu jet tempur Sukhoi Su-27 yang berasal dari unit pertahanan udara Baltic Fleet, yang memiliki basis di Kaliningrad untuk mencegatnya. 

Jet tempur Sukhoi Su-27 miliki Rusia itu kemudian mengawal pesawat pengebom B-52 milik AS hingga pesawat itu berganti haluan arah dan kemudian terbang menjauh dari perbatasan Rusia.

Dalam konfirmasi pernyataan terpisah, militer AS mengatakan, bahwa pesawat pengebom B-52 itu mengudara di wilayah udara internasional. AS kemudian enggan memberikan berkomentar banyak terhadap permasalaahan insiden pengerahan jet tempur Sukhoi Su-27 milik Rusia itu untuk mencegat pesawat pengebom itu.

Negara anggota NATO di Eropa, seperti Inggris, cukup sering mengerahkan jet tempurnya untuk mencegat pesawat militer Rusia yang terbang dekat wilayah udara mereka. Namun tergolong jarang bagi Rusia untuk melaporkan pengerahan jet tempurnya untuk mencegat pesawat negara lain.

Silakan tinggalkan pesan Sobat di kolom komentar di bawah ini. Segala masukan dan info dari rekan-rekan akan sangat membantu proses silaturrohim kita.
EmoticonEmoticon