Ternyata Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk, Ini Alasannya!

Ternyata Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk, Ini Alasannya!
Gemuk tidak selamanya diakibatkan oleh banyaknya konsumsi makanan secara berlebihan. Atau bisa juga bukan hanya karena banyak mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan terlalu banyak makanan berlemak. 

Tahukah Anda kalau ternyata kegemukan bisa diakibatkan karena kurang tidur?

Baca juga: Gejala Hipoglikemia dan Solusinya pada Pasien Diabetes yang Puasa Ramadhan

4 Alasan Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Kegemukan


1. Membuat nafsu makan meningkat

Kurang tidur mengganggu efektivitas hormon bernama glucagon-like peptide 1 yang memicu munculnya rasa kenyang. Pada waktu yang bersamaan, kondisi ini memicu peningkatan produksi ghrelin, hormon yang memicu rasa lapar.

Akibatnya, karena kurang tidur malah menyebabkan peningkatan kadar endocannabinoids, senyawa dalam otak yang berkaitan dengan nafsu makan. 
Dalam sebuah hasil riset penelitian yang dipublikasikan jurnal Nature, dikatakan bahwa kadar endocannabinoids yang menimbulkan perasaan senang ketika kita makan. Akibatnya kita terdorong untuk makan secara terus menerus.
2. Merusak keseimbangan perkembangan bakteri dalam usus

Berdasarkan hasil penelitian dari Swiss diungkapkan, bahwa kurang tidur ternyata akan mengubah keseimbangan perkembangan bakteri dalam usus. Bahkan peristiwa ini bisa langsung tampak efeknya hanya dalam waktu dua hari ketika kurang tidur. Hal ini tentu saja akan berakibat pada terganggunya kemampuan tubuh untuk memproses berbagai makanan yang masuk ke tubuh.

4. Hanya sedikit kalori yang terbakar (digunakan)

Penlitian lain mengatakan, bahwa sering aktivitas begadang/ tidur lebih larut ternyata dapat mengganggu prosese metabolisme pada tubuh seseorang. Dari hasil percobaan tersebut, tampak bahwa ketika berolahraga di pagi hari setelah begadang semalaman, pria membakar kalori 5-20 persen lebih sedikit ketimbang yang tidurnya normal.
Demikian sekilas informasi mengenai Ternyata Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk. Semoga bermanfaat, salam.

Silakan tinggalkan pesan Sobat di kolom komentar di bawah ini. Segala masukan dan info dari rekan-rekan akan sangat membantu proses silaturrohim kita.
EmoticonEmoticon