Telegram akan Dibuka Kembali oleh Kominfo Pekan Depan

Telegram akan Dibuka Kembali oleh Kominfo Pekan Depan
Informasi dibukanya telegram pekan depan apakah sekedar rumor atau memang benar adanya?

Hal ini menyeruak ketika "bos" telegram asal Rusia datang langsung melakukan pertemuan dengan pemerintah Indonesia melalui Kominfo.

Kementerian Kominfo telah memperoleh titik temu dengan Telegram berkenaan dengan penanganan konten negatif. Dengan adanya titik temu tersebut, pemerintah berupaya untuk membuka kembali layanan Telegram pekan depan.

Janji tersebut disampaikan oleh Semuel Abrijani Pangerapan selaku Dirjen Aptika Kemenkominfo. Bersama Pavel Durov, CEO Telegram, pihaknya mengaku sedang menyelesaikan detail penanganan konten negatif di Telegram.
"Pekan depan sudah dinormalisasi," ujar Semuel di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (1/8) seperti dilansir CNN Indoneia.
Sementara itu, Durov yang secara langsung menemui Menkominfo Rudiantara dan para jajarannya menyampaikan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk membahas teknis penanganan konten negatif, terutama terkait terorisme.
Jalan yang ditempuh adalah dengan membuka jalur komunikasi khusus yang menghubungkan langsung pemerintah dengan pihak Telegram.
"Kita harus siapkan langkah-langkah untuk menormalisasi atau unblock dalam satu minggu," kata Durov yang berpakaian serba hitam.

Durov menyampaikan kesepakatan ini akan membuat jalur komunikasi lebih efisien ketimbang sebelumnya. Salah satu sebabnya adalah hadirnya moderator berbahasa Indonesia yang akan mengawasi aduan dari Kemenkominfo di kanal khusus tadi.

Lihat juga: Alasan Utama Pemblokiran Telegram oleh Kominfo dari Kapolri

"Kami sudah membentuk kanal langsung yang akan membantu tim Menkominfo melaporkan konten yang membahayakan publik ke moderator kami sehingga waktu yang dibutuhkan akan berkurang secara signifikan," jelas Durov.

Namun Durov memberi penekanan bahwa kanal yang akan diawasi ketat hanya berlaku pada konten yang terdapat di kanal publik, tidak di kanal percakapan pribadi.

Selain itu, Durov juga berjanji akan bekerja dengan komunitas lokal untuk menindak permintaan pemerintah.

Silakan tinggalkan pesan Sobat di kolom komentar di bawah ini. Segala masukan dan info dari rekan-rekan akan sangat membantu proses silaturrohim kita.
EmoticonEmoticon