Ternyata Ini Alasan Panglima TNI Ditolak Masuk Wilayah Amerika Serikat (US)

Alasan Panglima TNI Ditolak Masuk Wiliyah Amerika Serikat (US)
Source image: jawapos.com
Alasan Panglima TNI Ditolak Masuk Wilayah Amerika Serikat (US)

Jenderal Gatot Nurmantyo, Panglima TNI beberapa waktu lalu ditolak masuk ke Amerika Serikat. Lalu apa pendapat Menko Polhukam Wiranto?

Wiranto menyebut surat permintaan klarifikasi pun telah disampaikan oleh pemerintah Indonesia kepada pemerintah AS. Permintaan klarifikasi ditujukan untuk mengetahui duduk perkara sebenarnya.

Lalu apa pendapat Luhut Binsar Panjaitan selaku Menko Kemaritiman?

Luhut Binsar Panjaitan tidak mau bicara banyak terkait persoalan ini. Dia hanya menegaskan bahwa sejauh ini hubungan RI dengan Amerika Serikat dalam keadaan baik.

Saat ditanya apakah dirinya akan membahas persoalan tersebut dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Luhut enggan menjawab.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi baru saja bertemu dengan Wakil Dubes AS untuk Indonesia Erin Elizabeth McKee di kantornya Jalan Penjambon, Jakarta Pusat, Senin (23/10) pagi. Dalam pertemuan itu, Erin kembali menyatakan permohonan maaf pihak AS atas penolakan Jenderal Gatot ke AS.

Namun Menlu Retno menyatakan, maaf dan penyesalan saja tidak cukup. Apalagi isu Jenderal Gatot ditolak masuk ke AS ini juga sudah ikut jadi bahasan media internasional.

Panglima TNI ditolak masuk AS saat hendak memenuhi undangan kemiliteran, yakni acara Chiefs of Defense Conference on Country Violent Extremist Organization (VEOs) di Washington, DC. Gatot ditolak masuk oleh US Custom and Border Protection.

Baca juga: Casey Neistat Youtuber AS Selfie dengan Jokowi dan Iriana

Retno menyebut, dalam pertemuan itu Wakil Dubes AS Erin tak bicara soal penyebab kenapa Jenderal Gatot ditolak masuk AS. Namun dia menjanjikan memfasilitasi komunikasi antara Jenderal Gatot dengan Ketua Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Joseph Dunford.

Sebelumnya diberitakan, Jenderal Gatot siap berangkat dengan maskapai Emirates pada Sabtu (21/10) kemarin pukul 17.50 WIB. Namun kemudian ada pemberitahuan dari Custom and Border Protection AS bahwa dia tak boleh memasuki wilayah AS.

Jenderal Gatot dan pihak TNI pun kecewa. Padahal Panglima TNI hendak menghadiri acara Chiefs of Defense Conference on Country Violent Extremist Organization (VEOs) yang akan dilaksanakan pada 23 dan 24 Oktober di Washington DC. Diketahui pula bahwa Panglima TNI sudah beberapa kali ke AS namun tidak ada masalah. Panglima TNI terakhir kali ke AS pada Februari 2016.

Lalu bagaimana dengan perkembangan kasus tersebut?

Diketahuii, bahwa saat ini Dubes AS untuk RI Joseph Donovan meminta maaf atas insiden penolakan AS terhadap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Namun, bagi pemerintah Indonesia, maaf saja tidak cukup.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi kepada wartawan di kantor Kemlu, Jalan Penjambon, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017).

Pihak AS, lanjut Menlu Retno, terus berusaha untuk memperbaiki situasi. Mereka juga menegaskan kini tak ada lagi masalah jika Jenderal Gatot hendak berkunjung ke AS.

Namun, kepada Wakil Dubes AS Erin, Retno menyatakan maaf dan penyesalan saja tidak cukup. Apalagi isu Jenderal Gatot ditolak masuk ke AS ini juga sudah ikut jadi bahasan media internasional.

Jenderal Gatot siap berangkat dengan maskapai Emirates pada Sabtu (21/10) kemarin pukul 17.50 WIB. Namun kemudian ada pemberitahuan dari Custom and Border Protection AS bahwa dia tak boleh memasuki wilayah AS.

Sumber:
https://news.detik.com/berita/d-3695572/soal-panglima-tni-ditolak-wiranto-minta-klarifikasi-resmi-as

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Ini Alasan Panglima TNI Ditolak Masuk Wilayah Amerika Serikat (US)"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan pesan Sobat di kolom komentar di bawah ini. Segala masukan dan info dari rekan-rekan akan sangat membantu proses silaturrohim kita.