DPR Uji Kelayakan Hadi Tjahjanto Calon Tunggal Panglima TNI Pengganti Gatot Nurmantyo

DPR Uji Kelayakan Hadi Tjahjanto Calon Tunggal Panglima TNI Pengganti Gatot Nurmantyo
Calon Tunggal Panglima TNI Pengganti Gatot Nurmantyo - Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi nama calon tunggal panglima TNI baru pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo yang segera pensiun sudah masuk ke DPR.

Rencananya Komisi I DPR akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan Hadi sebagai calon panglima TNI baru pada Rabu besok.

DPR akan mengadakan rapat paripurna membahas surat presiden Joko Widodo tentang pergantian panglima TNI hari ini, Selasa (5/12/2017). Setelah itu, barulah Komisi I DPR yang bermitra dengan TNI akan menggelar rapat koordinasi internal untuk membahas jadwal fit and proper test terhadap Hadi.

TB menyebut materi yang ditanyakan dalam uji kelayakan dan kepatutan terhadap Hadi besok akan dibebaskan kepada seluruh anggota Komisi I DPR. Dia menjelaskan tugas Komisi I DPR akan menilai apakah Hadi layak atau tidak menjadi panglima TNI baru.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mengirimkan Mensesneg Pratikno ke DPR untuk mengantar surat yang berisi nama calon Panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo. Soal alasan memilih Marsekal Hadi, Presiden Jokowi menilai KSAU itu memiliki kepemimpinan yang kuat.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Panglima TNI Ditolak Masuk Wilayah Amerika Serikat (US)

Profil Marsekal Hadi Tjahjanto, Calon Panglima TNI Pengganti Gatot Nurmanto

Marsekal Hadi Tjahjanto dipilih sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki masa pensiun. Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi terkenal setelah membongkar kasus korupsi di Kementerian Pertahanan, seperti kasus pengadaan pesawat dan helikopter Kemenhan.

Dilansir Wikipedia, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto lahir di Malang, Jawa Timur pada 8 November 1963. Marsekal Hadi Tjahjanto merupakan perwira tinggi TNI Angkatan Udara lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987.

Hadi Tjahjanto saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), ia dilantik sebagai KSAU pada 18 Januari 2017. Hadi mengawali kariernya di Skadron Udara 4 yang bermarkas di Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Tugas Skadron Udara 4 adalah mengoperasikan pesawat angkut ringan untuk Operasi Dukungan Udara, SAR terbatas, dan kursus penerbang pesawat angkut. Tugas Hadi saat itu adalah menjadi pilot pesawat angkut Cassa.

Karier Hadi meningkat dengan cepat, pada 1996, ia menjadi Komandan Flight Ops "A" Flightlat Skuadron Udara 32 Wing 2 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh.

Demikian sekilas informasi mengenai DPR Uji Kelayakan Calon Tunggal Panglima TNI Pengganti Gatot Nurmantyo. Semoga bermanfaat, salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DPR Uji Kelayakan Hadi Tjahjanto Calon Tunggal Panglima TNI Pengganti Gatot Nurmantyo"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan pesan Sobat di kolom komentar di bawah ini. Segala masukan dan info dari rekan-rekan akan sangat membantu proses silaturrohim kita.