Ternyata Pancasila Sesuai dengan Ajaran Al-Qur'an. Wajib Baca!

Ternyata Pancasila Sesuai dengan Al-Qur'an. Wajib Baca!
Pancasila sebagai dasar negara Indonesia

Pancasila memang hanya satu-satunya dasar negara Indonesia. Pancasila juga hanya dipakai oleh negara Indonesia tanpa ada yang menyamai. Hal inilah salah satu keunggulan bangsa Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain.

Walau demikian, faktanya saat ini sudah banyak orang yang tidak mengerti akan makna dan hakekat Pancasila bagi kelangsungan kehidupan negara NKRI. Mereka beralasan bahwa sebenarnya Pancasila itu tidak sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadits. Dengan alasan itu pula, mereka melancarakan berbagai macam aksi yang tujuannya ingin merubah pondasai NKRI menurut versi mereka sendiri.


Nah , untuk memperjelas keyakinan sboat semua, berikut ini adalah beberapa dasar yang menjadikan bukti bahwa rumusan Pancasila oleh para tokoh besar bangsa Indonesia ini, dari para ulama' yang tidak diragukan lagi keilmuannya, juga pada tokoh besar lainnya, sehingga terbentuklah dasar negara Indonesia ini, yakni Pancasila.

1. KETUHANAN YANG MAHA ESA

Allah SWT berfirman:

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ 

"Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa ."

(QS. Al-Ikhlas 112: Ayat 1)

2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB

Allah SWT berfirman:


يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّامِيْنَ بِالْقِسْطِ شُهَدَآءَ لِلّٰهِ وَلَوْ عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ اَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْاَقْرَبِيْنَ ۗ اِنْ يَّكُنْ غَنِيًّا اَوْ فَقِيْرًا فَاللّٰهُ اَوْلٰى بِهِمَا ۗ فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوٰٓى اَنْ تَعْدِلُوْا ۚ وَاِنْ تَلْوٗۤا اَوْ تُعْرِضُوْا فَاِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا

"Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penegak keadilan , menjadi saksi karena Allah, walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika dia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan (kebaikannya). Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutarbalikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi , maka ketahuilah Allah Maha Mengetahui terhadap segala apa yang kamu kerjakan."

(QS. An-Nisa' 4: Ayat 135)

3. PERSATUAN INDONESIA

Allah SWT berfirman:

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوْا ۗ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَ تْقٰٮكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

"Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti."

(QS. Al-Hujurat 49: Ayat 13)

4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN
Allah SWT berfirman:

وَالَّذِيْنَ اسْتَجَابُوا لِرَبِّهِمْ وَاَقَامُوْا الصَّلٰوةَ ۖ وَاَمْرُهُمْ شُوْرٰى بَيْنَهُمْ ۖ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ 

"dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhan dan melaksanakan sholat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka ; dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka,"

(QS. Asy-Syura 42: Ayat 38)

5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA

Allah SWT berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَآىِٕ ذِى الْقُرْبٰى وَيَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

" Sesungguhnya Allah menyuruh berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran "

(QS. An-Nahl 16: Ayat 90)

Nah, sekarang sudah jelas bukan?

Oleh karena itu, maka kita selaku warga negara yang baik dan beriman kepada Alloh SWT wajib menjaga Pancasila sebagai dasar negara Indonesia sampai kapanpun. Semoga bermanfaat, salam.