Apel dan Coklit Serentak oleh PPDP Kabupaten Sragen Pilgub Jawa Tengah 2018

Apel siaga coklit PPDP serentak Jawa Tengah
Apel Siaga PPDP Serentak di Kecamatan Ngrampal
Warta Sragen Coklit serentak yang dilakukan PPDP di Kabupaten Sragen telah di gelar hari ini, Sabtu, 20 Januari 2018. Kegiatan ini melibatkan KPU Kabupaten/Kota, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Sebelum dilaksanakannya coklit serentak daftar pemilih oleh petugas, di seluruh wilayah Kabupaten Sragen atas intruksi dan arahan dari KPU Kabupaten Sragen, sebelumnya akan diadakan apel siaga coklit semua petugas PPDP di wilayah masing-masing.

Kegiatan coklit serentak PPDP sebelum melakukan coklit serentak ini memang berbeda dari agenda pemilu-pemilu sebelumnya, karena baru kali ini diadakan apel bersama secara walam waktu bersamaan se Kabupaten Sragen. Bahkan atas informasi dari salah satu Komisioner KPU Sragen, Roso Prajoko, kegiatan apel PPDP ini dilakukan serentak se Indonesia (bagi wilayah Provinsi yang melakukan hajatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur secara bersamaam di tahun 2018 ini, tepatnya 27 Juni).

Dalam kegiatan Coklit serentak yang dilakukan PPDP dalam rangka Pilgub Jawa Tengah 2018 ini diikuti oleh seluruh petugas PPDP, PPK, PPS di wilayah masing-masing, yakni bertempat di kantor Kecamatan.

Baca juga: 4 Syarat Calon Perseorangan dalam Pilbub Jateng 2018

Seperti halnya Kecamatan Ngrampal misalnya, kegiatan Apel PPDP dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Ngrampal, yang memang keberadaan sentral PPK Kecamatan berada di Wilayah Kantor Kecamatan.

Dalam acara tersebut dihadiri pula Muspika Kecamatan Ngrampal, Camat, Kapolsek, Danramil serta Pengawas Pemilu (Paswanlu) Kecamatan Ngrampal. Selain itu, dalam kesempatan tersebut sebagai Komandan Apel adalah salah satu Komisioner KPU Sragen, yakni Roso Prajoko.

Dalam sambutannya, Roso Prajoko menandaskan kepada para petugas PPDP, bahwa kualitas hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 diawali dari kualitas hasil pelasanaan Coklit yang dilakukan petugas. Oleh karena itu, dalam melakukan tugas Coklit, petugas PPDP wajib door to door, datang secara langsung di setiap rumah berdasarkan data DP4.

Selain daripada itu, beliau juga berpesan agar selalu sopan dalam proses pelaksanaan coklit. Atribut berupa Topi, ban lengan serta perangkan form Coklit harus dibawa dalam proses pelaksanaan coklit. Harapannya, proses coklit yang dilakukan bisa cermat, teliti tidak ada kesalahan apapun.

Pelaksanaan Coklit PPDP
Pelaksanaan Coklit PPDP
Setelah pelaksanaan Apel coklit selesai, dilanjutkan pelaksaan coklit serentak di wilayah Kecamatan Ngrampal (dan tentu saja dilakukan seluruh PPDP se Kabupaten Sragen). Adapun pelasanaan coklit pertama petugas PPDP dari PPS Desa Kebonromo dilaksanakan di Rumah Komisioner KPU, Roso Prajoko.

Dalam pelasanaan coklit tersebut juga disaksikan oleh PPS Desa Kebonromo, PPK Kecamatan Ngrampal.

Setelah semua proses periksaan dan pengisian form yang disediakan sebagai salah satu perangkat wajib yang dibawa PPDP, sampailah pada kegiatan terakhir Coklit yakni penempelan stiker sebagai bukti bahwa kegiatan pencocokan data pemilih pada keluarga tersebut telah selesai.

Penandatangan berkas tanda pelasanaan coklit oleh PPDP selesai


Prosesi pemasangan stiker coklit oleh PPDP
Prosesi pemasangan stiker coklit oleh PPDP
Berdasarkan informasi pula, bahwa rankaian acara apel siaga PPDP ini juga akan tercatat sebagai rekor MURI.